LIBURAN KE LOMBOK ...TAPI MASIH BINGUNG MAU KEMANA ?
top of page
Cari
  • Gambar penulisGerin Pratama

LIBURAN KE LOMBOK ...TAPI MASIH BINGUNG MAU KEMANA ?

Diperbarui: 14 Des 2022

Dunia Pariwisata di Pulau Lombok semakin dikenal oleh para wisatawan, mulai dari para wisatawan lokal hingga wisatawan / turis mancanegara. Hal ini tidak mengherankan karena Lombok memang pantas disebut sebagai salah satu pulau terindah yang ada di Indonesia.

Terletak di sebelah timur pulau Bali, Pulau Lombok ini juga tidak kalah indah dibanding Pulau Bali. Setiap tahunnya juga semakin banyak wisatawan yang menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata alternatif selain Bali.

Berdasarkan data statistik di Dinas Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Barat jumlah para wisatawan yang telah berkunjung ke Lombok dan Sumbawa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup baik.

Dunia pariwisata di Propinsi Nusa Tenggara Barat terutama di kedua pulau yaitu Pulau Lombok dan pulau Sumbawa memang semakin mendapat perhatian khusus dari para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dibangunnya berbagai fasilitas pendukung pariwisata di pulau Lombok dan Sumbawa membuat para wisatawan tidak lagi khawatir tentang berbagai kebutuhan terkait dengan perjalanan wisata.di kedua pulau tersebut.

Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat juga menyadari pentingnya sarana pendukung ini guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Salah satu infrastruktur yang paling penting adalah jalan yang menghubungkan antar objek wisata yang ada di pulau Lombok dan di Pulau Sumbawa. Saat ini di Lombok sudah banyak berdiri Hotel Hotel kelas Melati hingga Hotel berbintang yang berlokasi di pusat kota Mataram maupun hotel resort yang berlokasi di pinggir pantai. Dunia pariwisata di Indonesia, sudah sejak beberapa periode lalu mempunyai keunggulan yang menjanjikan, cuma belum menjadi perhatian yang cukup serius dan utama. Pada masa pemerintahan presiden sekarang ini ,negara kita menetapkan target tersebut dalam salah satu program pembangunan unggulannya, yaitu peningkatan kualitas kehidupan manusia di Indonesia, yang akan menjadikan sektor ini sebagai prioritas utama. Saat ini di Pulau Lombok sedang dibangun Sirkuit Mandalika yg merupakan satu satunya sirkuit yg akan menyelenggarakan MOTO GP di tahun 2022. Pada Bulan Nopember 2021 diselenggarakan Superbike WSBK tingkat Dunia.

Sirkuit Mandalika Lombok



Kedua perhelatan tingkat dunia ini diharapkan akan mendatangkan wisatawan mancanegara dari seluruh dunia untuk datang ke Indonesia terutama ke Pulau Lombok. Pertumbuhan ekonomi yang positif menjadi arahan pokok Presiden Jokowi kepada para menterinya. Dunia Pariwisata dianggap sangat vital untuk pembangunan ekonomi baik di negara miskin maupun di negara maju sekalipun, hal ini dapat menciptakan lapangan kerja dan devisa yg sangat besar, meningkatkan pendapatan bisnis / usaha lain, dan dapat mendorong pemerintah pusat dan daerah membangun dan memelihara infrastruktur yg telah ada. Selain memiliki Pulau Bali atau yg lebih dikenal dengan Pulau Dewata yang sangat menawan, ternyata Negara Indonesia juga memiliki Pulau Lombok dan pulau Sumbawa yang tak kalah eksotisnya dengan Pulau Bali tersebut. Wisata di Pulau Lombok sudah menjadi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak sekali tempat tempat wisata di lombok ini yang membuat wisatawan terkagum – kagum dengan keindahannya, jadi anda perlu perencanaan jadwal yang baik agar tak melewatkan setiap jengkal keindahan Pulau Lombok , lalu apa saja tempat wisata di Lombok yang juga wajib dikunjungi?


  1. PANTAI SEKOTONG LOMBOK BARAT



Ini merupakan salah satu destinasi wisata Ekowisata mangrove yg terletak di Tanjung Batu Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong, destinasi wisata ini baru saja dibangun oleh Pemdes setempat. namun sudah ini ramai pengunjung. Bahkan ada wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kawasan ini. Perpaduan pemandangan hutan bakau yg lebat dan pantai bersih menjadi daya tarik di lokasi wisata yang memiliki luas belasan hektar tersebut.


Di lokasi ini terdapat fasilitas jembatan kayu untuk lintasan membelah hutan bakau yg lebat. Dari hasil tangan kreatif pemuda pemudi setempat mengecat jembatan kayu itu warna warni menambah keindahan dan exotis lokasi ini. Sangat cocok untuk anda yg senang foto foto. Ada juga terdapat menara atau gardu pandang yang memanjakan mata pengunjung, karena pengunjung bisa melihat pemandangan hutan mangrove dan pantai dari atas ketinggian belasan meter. Biaya masuk ke lokasi ini sangat murah hanya Ep. 5.000/ orang

2. SEMBALUN LOMBOK TIMUR

Kecamatan Sembalun ini terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading.

Kawasan Wisata Sembalun


Ibu kota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari ibu kota Kabupaten Lombok Timur ( Selong ). Desa Sembalun Bumbung memiliki wilayah terluas yaitu 57,97 Km2 atau sekitar 26,70 % dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Sembalun, dan yang tekecil adalah Desa Sembalun Timba Gading dengan luas 15,76 Km2 .


Kawasan Wisata Sembalun


Desa-desa yang berada di Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Jarak tempuh tiap desa ke ibu kota kecamatan relatif dekat, jarak yang paling jauh yaitu dari Desa Sajang dan Desa Bilok Petung yang mencapai 6 km dan 15 km. Sedangkan jarak terdekat ke ibu kota kecamatan adalah Desa Sembalun yaitu 0.025 km (25 m), karena kantor kecamatan ada di dasa tersebut. Terletak di lokasi ketinggian memberikan keuntungan bagi desa desa ini sebagai sentra tanaman seperti Strawbery, bawang , melon, kol dllyg hasilnya dikirim ke kota Mataram bahkan hingga ke luar daerah Nusa Tenggara Barat. Bagi anda ingin memetik sendiri buah strawbery sediri hanya dikenakan biaya Rp. 15.000/orang. Dilokasi ini banyak dijumpai Vila vila maupun hotel yg sangat terjangkau harganya, Untuk nada yang senag mendaki ke Gunung Rinjani, daerah ini merupakan salah satu traking untuk menuju puncak Gunung Rinjani.

Ini hanya sebagian kecil saja destinasi wisata di Lombok namun masih banyak lagi destinasi destinasi wisata di Pulau Lombok yang sangat indah, baik itu wisata pantai maupun wisata pegunungan yang tidak kalah menariknya dengan kawasan-kawasan lain di Indonesia. Semoga Pariwisata Indonesia dapat pulih kembali , khususnya Lombok sebagai salah satu tujuan andalan Destinasi Wisata terbaik di Indonesia bisa kembali normal.




120 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page